Friday, August 03, 2012

Batasi Konsumsi Makanan Sehat Ini



Asam berlebih pada belimbing dapat menyebabkan gangguan fungsi ginjal.
Wuri Handayani, Stella Maris
Khamis, 2 Agustus 2012, 07:43 WIB
Asupan betakaroten berlebih dari wortel/karot akan menyebabkan kulit lebih gelap.
Asupan betakaroten berlebih dari wortel akan menyebabkan kulit lebih gelap. (inmagine)
VIVAlife - Hobi mengkonsumsi makanan tertentu? Boleh. Tapi tidak untuk jenis makanan ini. Wortel/karot, tuna, kopi, dan belimbing. Keempatnya memang kaya nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun seperti Health News Daily, mengkonsumsi dalam porsi banyak justru dapat berdampak buruk pada pencernaan dan gangguan kesehatan yang lain.
1. Wortel/karot
Kandungan betakaroten pada wortel akan bereaksi mengubah warna kulit Anda menjadi lebih gelap. Terutama pada bagian telapak tangan dan kaki. Ini karena senyawa vitamin A dan molekul warna oranye yang banyak terserap dalam darah dan akan menumpuk pada kulit.  Kondisi ini dikenal dengan carotenemia.

2. Tuna
Bagi pecinta sushi, sebaiknya perhatikan takaran tuna yang biasanya menjadi menu utama. Menurut penelitian dalam jurnal biologi, tuna yang disajikan dalam sushi memiliki tingkat merkuri lebih tinggi, dibandingkan dengan  tuna yang biasa dijual di supermarket.
Merkuri ini menyebabkan masalah neurologis parah, terutama pada wanita hamil dan anak-anak. FDA (Food and Drug Administration) pun menyarankan agar setiap orang mengonsumsi tuna hanya sampai batas 6 ons atau sekitar satu kali makan per minggu.

3. Kopi
Konsumsi kopi hanya disarankan 600 hingga 900mg per hari. Takaran yang lebih tentu dapat menyebabkan gangguan seperti insomnia, gelisah, mual, sakit kepala, hingga denyut jantung yang tidak normal. Kondisi yang lebih parah, kafein pun dapat menyebabkan seseorang terkena serangan jantung.

4. Belimbing 
Ditulis dalam  Journal of Nephrology, asupan belimbing yang berlebih akan menyebabkan kemerosotan fungsi ginjal. Ini juga berakhir pada kerusakan ginjal secara permanen.
Selain kandungan vitamin C, belimbing juga memiliki zat beracun. Mereka yang keracunan buah ini, memiliki gejala umum seperti cegukan, muntah, lemah, insomnia, penurunan kesadaran, kejang, dan hipotensi. Terutama bagi mereka yang sudah memiliki gangguan ginjal, hindari jus yang mengandung rasa asam murni ini.

No comments: