Thursday, May 26, 2011

H I D U P BUKAN UNTUK MAIN-MAIN

Oleh : Drs. KH. A. Syamsuri Siddik

Firman Allah SWT yang bermaksud: "Dan tidaklah kehidupan dunia ini selain dari main-main dan permainan (senda gurau) belaka. Dan sungguh negeri akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertaqwa, maka tidaklah kamu memahaminya?" (QS. Al-An’am : 32)

Bila kita membaca akhbar, mendengarkan radio dan melihat TV, dalam hati kita akan berkata :"Sungguh kehidupan dunia ini penuh dengan permainan dan tipu daya yang menyesatkan". Dalam hal ini Allah swt berfirman : "Kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan!" (QS. Ali Imran :183)

Dalam suasana ‘Idul Qurban (yang baru lalu) yang semarak dan khidmat ada baiknya kita perhatikan peringatan Allah swt dalam Al-Quran bahwa Allah menciptakan manusia itu tidak main-main.

Sebagaimana firman-Nya :

"Tidaklah Kami ciptakan langit dan bumi dengan segala yang ada diantara keduanya dengan main-main" (QS. Al-Anbiya :16)

Di bagian lain, Allah swt menegaskan lagi mengenai tujuan penciptaan-Nya itu dengan firman-Nya : "Kami tidak menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada antara keduanya melainkan dengan tujuan yang benar dalam waktu yang ditentukan. Dan orang-orang yang kafir berpaling dari apa yang diperingatkan kepada mereka" (QS. Al-Ahqaaf :3)

Tujuan yang benar itu di bagian lain ditegaskan ialah untuk menjadi bukti kekuasaan Allah bagi orang-orang yang berakal yaitu orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam merenungkan tentang penciptaan langit dan bumi itu sampai pada kesimpulan : "Ya Allah! Tiadalah Engkau ciptakan semua ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka" (QS. Ali Imran : 190-191)

Tentang penciptaan jin dan manusia pun bukan untuk main-main, tapi mempunyai tugas yang mulia ialah beribadah kepada Allah dengan tujuan akhir untuk mendapatkan ridla-Nya.

Allah SWT berfirman :
"Tidaklah semata-mata Aku ciptakan jin dan manusia kecuali hanya untuk beribadah" (QS. Adz-Dzaariyaat :56)

Namun demikian, masih banyak orang yang mengulur-ulur waktu, menunda-nunda ibadah itu, padahal jangka waktu hidup ini sangat terbatas. Sampai-sampai Allah mengingatkan manusia dengan bahasa himbauan yang sangat retoris.

Allah swt berfirman :
"Belumlah datang waktunya bagi orang-orang yang beriman untuk tunduk hati mereka mengingat Allah dan kepada kebenaran yang telah turun (kepada mereka) dan janganlah mereka seperti orang-orang yang sebelumnya yang telah diberi Al-Kitab kepadanya, kemudian berlalulah masa yang panjang atas mereka, lalu hati mereka menjadi keras. Dan kebanyakan diantara mereka menjadi Fasik." (QS. Al-Hadiid :16).

http://centrin21.tripod.com/Hidup_Bukan_Untuk_Main-main.htm

No comments: