Friday, October 30, 2009

Samudera Fadhilat Amalan Sedekah

  1. Samudera Fadhilah Amalan Sedekah
    Oleh : Uti Konsen.U.M.

    “Orang–orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah kemudian tidak mengiringi apa yang dinafkahkannya itu dengan menyebut-nyebut pemberiannya dan tidak menyakiti, mereka memperoleh pahala di sisi Tuhan. Mereka tidak perlu khawatir dan bersedih hati“ (Al Baqarah 262).

    Kalau tidak mengandungi samudera hikmah dan lautan pahala, tentu Rasulullah SAW tidak akan menganjurkan untuk selalu bersedekah kepada para sahabat termasuk yang paling miskin sekalipun seperti Abu Dzar Al Ghifari, Bilal dan Abu Dhamdham. Sehingga saking @ amat “penasaran“, Abu Dzar Al Ghifari pernah bertanya “Wahai Nabi Allah. Engkau selalu memerintahkan kepada kami untuk bersedekah, apa hakikat sedekah itu? “ Rasulullah SAW menjawab dengan satu kalimat yang diulanginya tiga kali berturut-turut “ Sedekah itu, sesuatu yang ajaib“. 

    Anda sedang gelisah? Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa mendapatkan kesedihan di dalam hati, maka berikanlah sedekah “. Ibnul Al Qayyim memberi nasehat, “Diantara kiat melapangkan jiwa dan meraih bahagia adalah dengan berbuat baik kepada orang lain, dan membantu mereka dengan sesuatu yang mungkin diberikan, baik berupa harta, jabatan, materi dan berbagai bentuk kebaikan lainnya. Karena orang yang dermawan lagi suka berbuat baik adalah orang yang paling lapang dadanya, paling bagus kondisi jiwanya, dan paling tentram hatinya “.

    Dada terasa sempit? Dr. Aidh Al Qarni penulis buku “La Tahzan“ berkata, “Sedekah membuat hati menjadi lapang. Melakukan kebaikan termasuk dalam hal-hal yang dapat mendatangkan kebahagiaan dan menghilangkan keresahan…. “. 

    Anda butuh @ perlukan pertolongan? Rasulullah SAW bersabda, “Allah senantiasa menolong seorang hamba, selama si hamba itu mau menolong saudaranya“ ( HR.Muslim ). 

    Ingin panjang umur? Rasulullah SAW bersabda, “Sedekah dapat menolak musibah serta menambah keberkahan umur “.

    Ingin agar harta tidak berkurang dan terus bertambah? Rasulullah SAW. Bersabda, “Tidak akan berkurang harta yang disedekahkan, bahkan akan bertambah, akan bertambah dan akan bertambah“. 

    Anda memerlukan sesuatu? Rasulullah SAW menegaskan, “Allah senantiasa memenuhi kebutuhan @ keperluan seorang hamba, selama si hamba itu berusaha memenuhi kebutuhan saudaranya .(HR.Ibnu Umar ).
     
    Ingin agar terhindar dari bencana? Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya sedekah dapat menolak tujuh puluh pintu bencana “. Karena itu Nabi SAW menganjurkan agar bersedekah setiap hari, pada awal pagi dengan apa saja. Karena bala tidak akan menembus benteng sedekah seorang Mukmin.

    Anda menderita sakit? Rasulullah SAW memberi resep, “Ubatilah penyakitmu dengan bersedekah“. 

    Anda ingin agar harta benda menjadi aman? Rasulullah SAW bersabda, “Bentengilah harta kekayaan anda dengan zakat dan sedekah “.

    Anda cemas dengan kemurkaan Allah? Rasulullah SAW bersabda, “Sedekah dapat menutup kemurkaan Allah “.”Sesungguhnya sedekah benar-benar dapat memadamkan panas kubur bagi pelakunya, sesungguhnya orang mukmin kelak di akhirat hanyalah bernaung dalam sedekahnya. Sesungguhnya yang akan menaungi orang Mukmin pada hari kiamat kelak adalah sedekah “.

    Anda ingin pahala yang berlipat ganda? Allah SWT berfirman “Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah, baik laki-laki maupun perempuan, dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pembayarannya) kepada mereka. Dan bagi mereka pahala yang banyak“ (Al Hadid 18). Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa bersedekah dengan sebiji tamar, kelak di hari kiamat dia akan mendapat pahala sebesar gunung yang berada di atas timbangan amalnya “.

    Ingin memperoleh ampunan Allah? Hakim bin Hazam, ulama salaf bertutur, “Jika pada pagi hari di depan pintu rumahku tidak ada orang yang meminta-minta, maka aku pun tahu bahwa itu adalah salah satu musibah, karena aku kehilangan kesempatan melakukan perbuatan yang dengannya kuharap ampunan dari Allah“.

    Anda ingin ganjaran pahala melebihi haji? Ujar Ibnul Mubarak, “Besarnya pahala haji belumlah seberapa dibandingkan dengan keutamaan menolong sesama “. Apalagi kalau pertolongan itu dilakukan pada saat yang tepat. 

    Ingin disayangi Allah, disayangi manusia dan dekat dengan sorga serta jauh dari api neraka? Rasulullah SAW bersabda, “Orang pemurah itu, dekat dengan Allah, dekat dengan manusia, dekat dengan surga, dan jauh dari neraka “.

    Anda ingin menuai berkah? Tangan diatas adalah tangan keberkahan. Sikap suka memberi, menolong sesama dan bersedekah, terbukti akan selalu memandu langkah Anda untuk menggapai keberkahan hidup. Rasulullah SAW bersabda, “Tangan diatas lebih baik dari tangan di bawah. Tangan diatas adalah orang yang memberi dan tangan dibawah adalah orang yang meminta “ (HR.Muslim).

    Anda ingin agar harta yang kita kumpulkan itu abadi? Syaikh Abdul Qadir Al Jailani berkata, “Apa saja harta yang berada dalam tangan kita atau yang kita miliki pada hakekatnya adalah milik Allah. Jadi sementara ia masih berada di tangan kita, gunakanlah dengan baik dan pada jalan Allah. Infakkanlah ia pada jalan Allah, karena apa yang kita infakkan pada jalan ini adalah harta kita yang hakiki “. 

    Dan, dan… masih banyak lagi fadhilah – fadhilah sedekah lainnya , laksana samudera yang tidak bertepi. Masya Allah. Wallahualam.   Sumber:http://www.pontianakpost.com/?mib=berita.detail&id=13877

    Ulasan: Di jerat masalah? Eloklah jadikan sedekah/derma sebagai jalan keluar. Di alu-alukan membaca artikel Ustaz Yusuf Mansur dalam internet mengenai sedekah dan pelbagai pengalaman bersedekah dalam http://www.wisatahati.com/.  Jadikan bersedekah cara hidup kita.


No comments: