Monday, February 18, 2013

5 Alasan makan buah sebelum makan nasi

"Belum makan nasi kok sudah makan buah." Kebanyakan orang salah kaprah dengan stigma tersebut. Makan buah setiap hari memang menyehatkan. Namun, kebiasaan makan buah setelah makan nasi justru bisa menyebabkan masalah pencernaan. Stigma inilah yang perlu diluruskan. 

Kita disarankan untuk makan buah 20-30 menit/minit sebelum makan nasi. Alasan utamanya adalah karena buah mengandung/mengandungi gula dan membutuhkan/memerlukan waktu untuk mencerna. Nah, jika kita makan buah setelah makan nasi, butuh/perlu waktu yang panjang untuk mencernanya. Masih penasaran? Berikut adalah beberapa alasan mengapa buah harus dimakan sebelum makan nasi, seperti dilansir Boldsky.

1. Buah harus selalu dimakan 20-30 menit sebelum makan nasi

Anda tentu bisa makan buah setelah makan nasi. Namun, Anda harus menunggu sampai tiga jam kemudian. Makan buah sebelum makan nasi dapat membantu mengurangi berat badan karena membuat Anda merasa lebih kenyang. 

2. Meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh
Karena tubuh kita tidak mendapatkan makanan apapun selama delapan sampai sembilan jam ketika tidur, dianjurkan untuk memasukkan buah-buahan dalam menu harian Anda setiap pagi (sebelum sarapan). Hal ini dapat membantu meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh.

3. Hindari makan buah sebagai lauk pada makanan

Makan buah sebagai pencuci mulut tidak memberikan hasil terbaik bagi tubuh seperti buah yang dicincang dan dicampur ke dalam salad atau es krim.

4. Hindari buah kaleng/yang ditinkan, buah beku atau buah yang telah diproses
Buah-buahan yang tinggi kadar gula, pengawet atau bahan kimia dapat berbahaya bagi tubuh. Mereka tidak dianggap sebagai buah yang sehat. 

5. Menyerap nutrisi penting

Makan buah setiap pagi saat perut kosong (sebelum sarapan) membantu tubuh untuk menyerap nutrisi penting yang ditemukan dalam buah-buahan.

Inilah beberapa alasan kenapa Anda harus makan buah sebelum makan nasi. Pastikan Anda menanamkan kebiasaan ini karena akan menguntungkan Anda dalam jangka panjang.


https://www.facebook.com/korankita

No comments: