Friday, March 30, 2012

Menjaga Kesopanan

Menjaga Kesopanan. Kesopanan akan menjadikan pemiliknya mulia. Orang yang melihat akan terpesona, karena dialah jalan yang dapat menghubungkan hati. Sikap yang menjaga kesopanan akan melahirkan akhlak mulia, keindahan etika. Inilah keindahan menjaga kesopanan.

Ada satu hal yang diakui dalam kehidupan ini bahwa orang yang selalu menjaga kesopanan akan selalu mulia meski ia miskin, sama halnya dengan orang yang tetap akan ditakuti meski sedang berdiam diri. Sebaliknya, orang yang tidak menjaga kesopanan dan etika akan selalu terhina meski ia kaya layaknya anjing yang tetap dibenci meski memakai kalung dari emas murni (Al-Muru'ah wa Khawaruhima, Syaikh Masyhur bin Hasan Ali Sulaiman. 41 )

Sufyan Bin Uyainah pernah ditanya :"Anda telah mengambil kesimpulan dari Al-Qur'an dalam segala hal, mana ayat yang menjelaskan kesopanan?"
Ia Menjawab :"Ada dalam salah satu Firman Allah Ta'ala yaitu :

"Jadilah engkau pemaaf, dan suruhlah orang yang mengerjakan yang makruf, serta berpalinglah dari orang-orang yang bodoh." (QS. Al-A'raaf [7]:199 ).

Ayat ini mengandung ajaran tentang kesopanan. Dalam firmanNya :"Jadilah engkau pemaaf" terkandung ajaran untuk berbuat baik kepada orang-orang yang memutuskan hubungan, memaafkan orang yang melakukan kesalahan, berlaku lemah lembut kepada orang-orang yang beriman dan masih banyak ajaran akhlak yang terkandung di dalamnya.

FirmanNya :"Dan suruhlah orang mengerjakan yang makruf" mengandung ajaran untuk menyambung silaturahmi, bertakwa kepada Allah dalam hal halal dan haram, menundukkan pandangan, dan mempersiapkan diri menuju hari pembalasan.

FirmanNya :"Berpalinglah dari orang-orang yang bodoh" mengandung ajaran untuk bersikap lemah lembut, meninggalkan kezhaliman, menjauhi perbuatan orang-orang bodoh, meniru mereka, serta ajaran berbagai macam akhlak mulia dan bimbingan melakukan hal-hal yang berguna. ( 'Ain Al-Adab wa As-Siyasah. 132-133 )

Betapa indahnya ungkapan Hafizh Ibrahim dalam untaian syairnya berikut ini :
Aku dihibur oleh akhlak mulia.
Laksana dihiburnya pahlawan yang baru kembali.
Aku bergetar tatkala mendengar kesopanan dan kedermawanan
Disebut diantara sifat-sifat mulia.

Demikian tadi saudaraku mengenai menjaga kesopanan dan semoga bermanfaat saudaraku semuanya.

http://abufarras.blogspot.com/2012/03/menjaga-kesopanan.html


 

No comments: