Wednesday, July 11, 2012

4 Cara Alami Meningkatkan Kesuburan


Kesuburan merupakan hal yang penting bagi pasangan yang sudah menikah, apalagi bila menikah sudah cukup lama. Masalah kesuburan dapat diobati secara klinis dengan terapi-terapi, namun bila Anda enggan melakukannya, Anda dapat melakukan langkah-langkah alami untuk meningkatkan kesuburan:


1.  Kurangi Stress
Stress pada setiap orang memiliki dampak yang berbeda-beda , ada yang akan berdampak pada rambut, kulit dan sebagainya. Stress juga dapat membuat ketidakseimbangan hormonal dalam tubuh sehingga menyebabkan ketidak suburan dan menyulitkan ovulasi.

2. Menjaga Berat Badan
Berat badan berpengaruh pada kesuburan. Memiliki indeks massa tubuh (IMT) yang lebih tinggi dari 25 dapat meningkatkan berbagai masalah kesehatan. Untuk wanita, berat badan berlebih akan membawa pengaruh seperti sindrom indung telur polikistik, yang mengacaukan siklus menstruasi Anda dan menghalangi rencana Anda untuk hamil tanpa komplikasi.

3. Berolah raga secukupnya

Selain bermanfaat untuk menjaga berat badan, studi asal Denmark ini melibatkan 3 ribu wanita yang mencoba untuk hamil. Namun, kesemuanya tidak melakukan perawatan khusus untuk mendapatkan anak. Para partisipan ini kemudian mengisi kuesioner yang berkutat seputar tingkat aktivitas. 

Hasil menunjukkan mereka yang rutin melakukan olahraga berintensitas tinggi, seperti lari dan aerobik, selama 5 jam atau lebih dalam seminggu hanya memiliki kemungkinan untuk hamil 1/2 kali lebih kecil dalam 1 bulan ke depan dibanding wanita yang berolahraga secara moderat. Yang termasuk ke dalam tipe olahraga moderat antara lain adalah berjalan kaki, bersepeda santai, dan berkebun.

4.  Berjemur Matahari
Kandungan vitamin D yang dimiliki sinar matahari bisa menyeimbangkan hormon seks pada wanita dan meningkatkan jumlah sperma pria. Walau vitamin D bisa didapatkan dalam jumlah sedikit melalui makanan seperti minyak ikan, telur, dan hati, tetapi 80% kebutuhan vitamin D didapatkan melalui proses kimiawi, yaitu ketika sinar UVB diserap oleh kulit.

No comments: